Rabu, 18 Januari 2012

DIKLATSAR KSR PMI KABUPATEN KEBUMEN



KEBUMEN - Sekitar 60 Anggota Relawan PMI Kabupaten Kebumen mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Korps Sukarela (Diklatsar KSR). Diklatsar digelar di Markas PMI Kabupaten Kebumen. Acara berlangsung selama dua hari. Yakni, dari 24 hingga 25 Desember 2011.
Berbekal minimnya Sarana dan Prasarana PMI bahkan tidak adanya peralatan yang memadai para relawan ini tak juga luntur semangat dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai relawan, tetapi inilah relawan PMI Kabupaten Kebumen yang tak pernah kehilangan akal dan menyerah pada keadaan begitu saja, mengingat doktrin dan semboyan PMI yang cukup kental dan kembali pada jati diri bangsa yang tidak mengenal menyerah akhirnya “tiada rotan akar pun jadi” benar-benar terbukti di PMI Kabupaten Kebumen.
Diklatsar KSR yang juga diikuti peserta dari berbagai KSR Unit Perguruan Tinggi se- Kabupaten Kebumen itu, secara resmi dibuka oleh Ketua PMI Kabupaten Kebumen Drs. Eko Widianto. hadir pada acara tersebut Pelatih dari Kodim 0709 Kebumen.
Ketua Bidang Pendidikan dan SDM PMI Kabupaten Kebumen H. Adi Pandoyo, SH, Msi mengatakan, diklatsat KSR yang digelar kali ini diharapkan bisa menghasilkan kader-kader Relawan PMI yang memiliki jiwa kepedulian yang tinggi. Sebab, dalam organisasi kaderisasi menjadi kebutuhan penting. Karena, tanpa kaderisasi sebuah organisasi tidak akan jalan dan sulit berkembang.
“Acara seperti ini bisa dijadikan media untuk meningkatkan kapasitas relawan serta meningkatkan wawasan kebangsaan yang akhir-akhir ini ada kecenderungan mulai luntur”. Tegasnya
Di tempat yang sama, Ketua PMI Kabupaten Kebumen menegaskan, Relawan PMI adalah pasukan terdepan dan tulang punggung PMI. Untuk itu, Relawan harus tetap selalu menjaga komitmennya sebagai relawan dengan dasar tujuh prinsip gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Menurutnya, Relawan PMI harus tanggap, akurat dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Apabila terjadi bencana dan dibutuhkan, Relawan harus konsiten dengan komitmennya untuk membantu sesama kapan saja dan dimana saja relawan PMI harus siap.
Berbagai kegiatan dan materi yang diberikan kepada peserta diklatsar KSR antara lain tentang Kepalangmerahan, Mountainering, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Praktek Evakuasi Air dan Tebing, Peta Kompas dan lainnya. tujuan diklatsar KSR ini adalah untuk melatih mental serta mendidik dan menyiapkan relawan PMI agar lebih siap membantu Pemerintah dalam hal penanggulangan bencana.

LENTERA SENJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar